Categories: ParentingPlay

4 Tanda Anak Mulai Kecanduan Game

Mom… Tabletku mana? aku mau main game Mobile Legend nih!

Membesarkan anak di zaman now ini  susah-susah gampang. Gampang karena ada gadget yang bisa bantuin kita agar anak tidak rewel. Tapi susah juga, karena kita harus jagain anak-anak dari efek negatif yang muncul karena keseringan bermain gadget.

Anak-anak zaman now sudah berteman dengan yang namanya gadget. Mulai dari smartphone, tablet sampai laptop. Kalau anak-anak mulai suka main gadget dengan waktu lama, biasanya itu karena mereka suka sama permainan game favoritnya.

Game is fun! Wajar lah ya, kalau anak-anak di usia pertumbuhan ini suka main game, orang dewasa aja suka, ya kan?  Tapi, orang tua harus waspada juga jangan sampai mereka malah terlena sama video game atau istilahnya kecanduan main game. Gimana pun juga, hal yang bersifat kecanduan itu efeknya tidak baik untuk kehidupan.

Kenali tanda-tanda anak kecanduan game berikut ini.

Selain Sekolah dan Les, Ya Main Game

Anak-anak udah sibuk banget sama kegiatan sekolahnya dari pagi sampai siang hari. Di jam-jam genting seperti itu biasanya mereka mulai ingat sama gadget buat main game. Sebaiknya kita harus hati-hati, kalau  hampir setiap harinya mereka selalu melakukan hal yang sama dan lebih memilih game daripada kegiatan lainya, karena anak sudah kecanduan video games.

Waktu Terbuang Untuk Video Games

Sebagian parents ada yang mikir kalau main game itu salah satu aktifitas anak yang positif, buat perkembangan mereka. itu memang benar, tapi kalau hampir setiap waktu main game dan sulit buat disuruh berhenti, apa benar ngasih efek positif? Waktu banyak terbuang cuma buat main game dan ini juga tanda kalau anak kecanduan game.

Related Article: Gaming Disorder Resmi Diakui WHO

Anak-Anak jadi Anti Sosial

Mungkin poin yang ini yang paling penting dari efek kecanduan anak-anak yang suka main game. Mereka harusnya belajar berinteraksi dengan anak lainya di dunia nyata. Tapi kalau kecanduan game,  anak-anak bisa jadi anti sosial, karena mereka terlalu seru sendiri dengan games-nya. Kita harus lebih waspada, karena hal ini tidak baik, khususnya buat perkembangan anak-anak kita kedepannya.

Bukan Belajar, Tapi Main Game

Anak-anak yang sudah kecanduan main game, bisa berubah prioritas hidupnya. Anak-anak harusnya belajar yang rajin dan main sewajarnya, keduanya harus  seimbang. Tapi anak-anak yang kecanduan game dikendalikan oleh permainan itu sendiri, yang ada, mereka jadi malas belajar karena games better then study kata anak-anak.

Kita perlu tahu, kalau main game itu memang tidak selalu ngasih efek buruk buat anak-anak. Tapi jangan biarkan mereka  terlalu berlebihan bermain vide games sampai kecanduan. Kita harus lebih disiplin sama anak-anak, itu bisa jadi senjata ampuh untuk ngurangin efek kecanduan anak dengan video games dan gadget.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

View Comments

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago