Categories: Play

6 Permainan dan Aktivitas Menyenangkan untuk Belajar Geografi

Apakah si kecil sudah tidak sabar untuk belajar sepanjang malam tapi mudah bosan? Permainan bisa menyelamatkan kita! Belajar geografi dan tempat-tempat di seluruh dunia sekarang akan menjadi sepuluh kali lebih menarik serta mudah dengan kegiatan dan permainan yang menyenangkan ini untuk anak-anak. Permainan peta dunia untuk anak-anak tidak hanya akan membantu mempertahankan perhatian anak tetapi juga membantu mereka mengingat beberapa informasi untuk jangka waktu yang lebih lama. Bagian terbaiknya adalah mereka tidak akan pernah bosan dengan game-game ini dan ingin memainkannya lagi dan lagi.

World Puzzle

Anak-anak selalu terpesona oleh teka-teki dan akan terus berusaha menyelesaikannya sampai mereka melakukannya dengan sempurna. Kita bisa menggunakan fakta ini untuk membantunya mengembangkan konsep dasarnya tentang benua di dunia.

Cara Bermain:

Permainan ini mudah dibuat. Ambil peta dunia dan potong gambar benua menjadi potongan-potongan teka-teki besar yang bisa digabung kembali untuk membentuk peta dunia. Sekarang campur aduk potongan-potongan itu dan biarkan si kecil memecahkan teka-teki untuk membangun peta sendiri. Begitu dia berhasil, dorong dia untuk melakukannya lebih cepat di lain waktu.

Anak-anak tidak hanya belajar untuk menemukan benua tetapi juga mengembangkan koordinasi motorik dengan mengerjakan potongan teka-teki dan manajemen waktu dengan mencoba menyelesaikannya lebih cepat.

Arah Mata Angin

Arah mata angin merupakan bagian penting dan dasar dari Geografi, dan sangat perlu bagi anak kita untuk paham konsep dasar tentang ini sejak awal sehingga tidak menimbulkan masalah dalam memahami pelajaran di kemudian hari. Kegiatan ini akan membantu anak mengembangkan konsep dasar tentang delapan arah mata angin

Cara Bermain:

Gambarlah kompas untuk mengajarkan arah mata angin secara detail kepada sang buah hati. Kemudian bawa dia ke taman bermain dan instruksikan untuk bergerak, melompat atau menunjuk ke arah tertentu untuk mengetahui apakah ia telah mempelajarinya dengan baik. Ini akan bekerja lebih baik sebagai kegiatan kelompok karena akan mengembangkan persaingan yang sehat di antara mereka.

Anak-anak akan belajar mengikuti instruksi dan mendapatkan ide yang jelas tentang berbagai arah.

Benua Apa Ini?

Jika si kecil baru saja belajar tentang 7 benua di dunia, ini akan menjadi permainan yang sempurna untuk menguji pengetahuan mereka tentang itu. Akan lebih baik untuk menggunakan stopwatch saat anak memainkannya untuk membantu Kita memantau peningkatannya secara bertahap.

Cara Bermain:

Ambil peta di mana benua ditandai secara terpisah, tetapi nama mereka tidak diidentifikasi. Kita juga bisa membuat satu peta seperti itu jika tidak tersedia. Sekarang berikan potongan kertas kecil pada anak dengan semua nama yang tertulis di atasnya dan minta dia mencocokkannya dengan benua-benua di peta dalam waktu secepat mungkin.

Anak-anak akan belajar keterampilan identifikasi dan pencocokan serta manajemen waktu.

Around the World from A-Z

Ini akan menjadi kegiatan yang sempurna untuk anak-anak berusia sekitar 5-6 tahun yang baru saja mempelajari nama beberapa negara atau kota. Anak kita pasti akan mengembangkan minat yang mendalam pada pelajaran ini setelah ia menikmati kegiatan yang menyenangkan dan menarik.

Cara Bermain:

Aturan permainan ini sederhana. Cukup pilih satu huruf untuk anak kita dan minta dia untuk mencari negara atau kota yang dimulai dengan huruf tertentu di globe atau peta dunia. Semakin cepat dia melakukannya, semakin banyak poin yang diberikan kepadanya. Ini juga bisa dimainkan sebagai aktivitas grup.

Anak-anak akan belajar untuk mengingat nama-nama yang telah mereka pelajari. Mereka juga akan mengembangkan keterampilan menemukan satu tempat dari banyak tempat di dunia.

Hirarki Negara

Ketika anak pertama kali belajar tentang benua, kabupaten, negara, kota dan sebagainya bersama-sama, ia mungkin bingung mana yang lebih besar ukurannya. Jadi, sangat penting baginya untuk mempelajari hierarki dengan benar dan permainan ini akan membantunya mengingat itu dengan cukup menarik.

Cara Bermain:

Pilih benua tertentu dan beri anak beberapa nama negara, kota, dan negara bagian di benua itu. Gambarkan bagan hierarkis untuknya dan minta dia mengatur nama-nama itu ke dalam grafik dengan hati-hati.

Anak-anak akan mempelajari keterampilan organisasi dan penanganan data mentah.

Menghitung Ibu Kota

Jika anak telah menguasai nama-nama semua negara, sudah saatnya untuk belajar tentang nama ibu kota. Game ini akan membuat mereka mengingat nama-nama setiap ibu kota dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Cara Bermain:

Begitu anak telah mempelajari nama-nama ibu kota, berikan dia peta dunia dan minta untuk menuliskan nama masing-masing ibu kota dari setiap negara. Beri dia kerangka waktu di mana dia harus menyelesaikan sejumlah negara.

Anak-anak akan belajar untuk berpikir secara terorganisir dan manajemen waktu yang tepat.

Ide-ide permainan ini akan membantu anak untuk menyukai pelajaran Geografi. Belajar akan selalu lebih baik ketika kita menikmatinya, dan anak-anak pasti akan memiliki persepsi yang unik dan menarik tentang Geografi dengan kegiatan dan permainan yang menyenangkan ini.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago