Categories: HealthParenting

A Parent’s Guide to Remaining Calm when Your Child has ADHD/ASD

Membesarkan anak-anak dengan ADHD itu memang termasuk sulit. Jadi, bagaimana orang tua bisa tetap tenang dalam situasi yang menantang dan mungkin membuat frustrasi?

The Reality Check

Ketahuilah apa yang terlihat seperti pembangkangan yang disengaja (perilaku adalah komunikasi). Perilaku anak ADHD tidak disengaja, bukan bodoh atau malas. Orang tua harus membangun fondasi untuk tenang. Kita adalah orang tua, pemimpin dengan contoh, terutama untuk anak-anak dengan ADHD.

The Empathy

Jangan gampang tersinggung dengan perilaku anak.
Tunjukkan empati atas perasaan mereka (bahkan jika kita merasa itu tidak pantas). Bicaralah dengan nada suara yang tenang dan datar.

Anak mungkin akan membuat orang tua marah, tapi jangan emosi. Tetaplah berpegang pada fakta dan bekerjasama dengan anak untuk berkompromi.

The Facilitation

Bantu anak mengatur emosi dan berperilaku yang tepat dengan membimbingnya melewati frustasi karena anak belum memiliki keterampilan mengatur emosi.

Dengan mengambil peran fasilitator dalam situasi ini, orang tua mengajarkan keterampilan baru dan secara alami akan membantu jika suatu saat terjadi hal yang sama.

The Collaboration

Bekerjasamalah dengan anak walaupun dia menentang.
Penting untuk membuang asumsi pengasuhan tradisional (peran orang tua adalah otoriter). Jika orang tua bertindak sebagai diktator, seseorang harus selalu kalah dan ini adalah masalah. Sebaliknya, berkolaborasi dengan anak akan menciptakan win-win solution.

The Control

Ingat siapa yang benar-benar mengendalikan situasi – kita, sebagai orang tua. Orang tua bisa mempertahankan kendali dari suatu situasi/masalah tanpa berteriak, membanting sesuatu, apalagi mengancam anak. Tetap tenang dan sabar, anak akan terbiasa melihat kesabaran orang tua dan belajar untuk mengontrol dirinya suatu saat nanti.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago