Categories: Health

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Ketika anak mendengkur, kebanyakan orang tua tidak mengkhawatirkan hal itu. Bahkan ada yang menggambarkan kejadian itu sebagai momen lucu yang bisa diabadikan. Dengkuran memang bisa diakibatkan oleh flu. Flu hampir selalu menyebabkan hidung tersumbat, dan tiap tarikan nafas dari si kecil pun menimbulkan dengkuran. Meskipun benar bahwa semua dengkuran tidak perlu dikhawatirkan, dengkuran kronis bisa menandakan gangguan tidur yang bisa berakibat serius pada kesehatan. Saat mengunjungi dokter anak, orang tua mungkin menganggap tidak penting untuk melaporkan terjadinya dengkuran kronis. Para dokter anak juga mungkin tidak secara rutin bertanya tentang hal itu kecuali ada tanda-tanda adenotonsilitis atau obstructive sleep apnea.

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya. Sebuah studi tahun 2004 oleh Urschitz dan rekannya yang dilakukan pada sampel anak-anak kelas tiga dengan jumlah besar, menemukan bahwa kebiasaan mendengkur yang dalam secara signifikan berhubungan dengan perilaku hiperaktif, sulit fokus, masalah dengan teman sebaya, dan kurangnya penyesuaian emosi. Dalam sebuah studi neurokognitif, Hunter dan rekannya, pada tahun 2016 membandingkan anak-anak yang tidak mendengkur dengan yang mendengkur dalam rentang usia 5 sampai 7 tahun dengan melihat terlebih dahulu Indeks Apnea-Hypopnea (AHI) tiap anak. Hasil penelitiannya menemukan bahwa anak dengan AHI yang lebih tinggi juga memiliki gangguan yang lebih berat.

Pengamatan lain yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa anak-anak yang mendengkur dan memiliki kualitas tidur yang buruk bisa mengalami penurunan IQ. Mengapa hal ini bisa terjadi? Gangguan yang menyebabkan mendengkur ini ternyata dapat memberikan efek domino seperti ini:

  • Seorang anak mengalami kesulitan bernapas di malam hari, sehingga memicu dengkuran dan kualitas tidur menjadi buruk.
  • Napas yang tersendat akhirnya menyebabkan si kecil kekurangan oksigen.
  • Tidur malam yang buruk berarti menunjukkan adanya kelelahan dan tidak bisa berkonsentrasi atau kesulitan dalam mempelajari hal-hal baru.
  • Jika terjadi terus menerus, dapat berdampak pada penundaan perkembangan anak, daya ingat yang buruk, dan gangguan perilaku seperti sulit untuk fokus, toleransi terhadap stress yang rendah, dan kontrol impuls yang buruk.
  • Seiring waktu, kualitas tidur yang buruk dan berlangsung lama bisa memengaruhi pendidikan dan IQ anak.

Mengetahui penyebab mendengkur yang memengaruhi kualitas hidup anak sangatlah penting selama tahun-tahun perkembangan awal. Adenotonsilektomi, sebutan untuk operasi pengangkatan tonsil dan adenoid, bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan gangguan pernapasan saat tidur. Anak-anak yang menjalani operasi tersebut juga menunjukkan peningkatan performance dilihat dari neurokognitif-nya.

Anak Usia 6 Tahun Masih Ngompol?

Tetapi, selain menangani masalah kesehatan yang memicu gangguan tidur, penting juga untuk menanamkan kebiasaan tidur yang baik pada anak-anak sedini mungkin. Jika kita mengajari anak-anak cara mempersiapkan diri untuk tidur dan menanamkannya sebagai gaya hidup sehat, maka secara alami akan menurunkan risiko gangguan tidur. Buah hati kita pun bisa tumbuh menjadi dewasa yang merasakan bagaimana tidur yang benar-benar menenangkan. Orang tua harus memantau dengkuran anak mereka, dan jika itu terjadi secara terus-menerus, diskusikanlah dengan dokter anak.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago

Manfaat Sup Untuk Kesehatan Balita

Sayur atau makanan lain yang tidak disukai bayi bisa dipotong keci-kecil atau dicampurkan ke dalam sup.

50 years ago