Categories: Health

Anak Usia 6 Tahun Masih Ngompol?

Adalah umum bagi anak-anak berusia 6 tahun ke bawah untuk membasahi tempat tidurnya, tapi anak-anak yang lebih besar juga masih bisa mengompol. Jika anak kita berusia di atas 6 tahun dan masih mengompol, kita bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya.

Apa itu mengompol?

Mengompol terjadi ketika seorang anak tidak bisa bangun pada malam hari saat mereka harus buang air kecil. Itu bisa terjadi setiap malam. Mengompol juga dikenal sebagai nocturnal enuresis.

Beberapa anak terus mengompol sejak lahir, sementara yang lain mulai mengompol lagi ketika mereka berusia lebih tua. Ini bisa sangat menjengkelkan bagi seorang anak, dan menyusahkan bagi kita. Tapi itu bukan salah mereka. Mengompol tidak ada hubungannya dengan perilaku buruk.

Penyebab ngompol pada anak dengan usia lebih dari 6 tahun

Beberapa anak tidur sangat nyenyak dan tidak bangun ketika perlu buang air kecil. Kemungkinan, mereka juga memiliki kandung kemih yang kecil. Atau mereka mungkin menghasilkan banyak urin di malam hari.

Beberapa anak tidak cukup membuat hormon yang disebut hormon antidiuretik, atau ADH. Ini membuat air kencing kurang berair semalaman. Jika anak-anak tidak cukup memiliki hormon ini, kandung kemih mereka akan kesulitan untuk menyimpan cairan ekstra.

Mengompol cenderung terjadi turun temurun dalam keluarga. Jika salah satu atau kedua orang tua membasahi tempat tidurnya saat masih kecil, maka juga lebih mungkin terjadi kepada anak-anaknya.

Masalah emosional, yang disebabkan oleh peristiwa yang membuat stres, kadang-kadang juga bisa menyebabkan anak mengompol.

via GIPHY

Perawatan untuk ngompol pada anak usia lebih dari 6 tahun

  • Jangan menghukum atau mengolok-olok sang buah hati jika mereka ngompol.
  • Pastikan mereka minum secara teratur di siang hari, tetapi kurangi minuman yang mengandung kafein seperti coklat, kopi, dan soda sebelum tidur.
  • Pertimbangkan untuk memasang alarm di waktu mereka biasa mulai ngompol.
  • Bersabarlah, berikan support kepada anak kita, dan libatkan mereka dalam treatment untuk mengurangi aktivitas ngompol. Kita juga bisa memberikan pengertian kepada mereka sehingga baik kita dan anak sama-sama mau mengatasi hal ini.

Bantalan untuk pakaian dalam mungkin berguna jika anak kita hendak menginap di rumah temannya, atau pergi ke camping untuk mengikuti kegiatan pramuka.

Seiring waktu, aktivitas mengompol biasanya akan hilang. Jika tidak, konsultasikan ke dokter anak. Dokter mungkin akan memeriksa anak kita dan meninjau riwayat medis mereka. Mereka mungkin melakukan tes urine atau tes darah. Tes-tes ini akan sering menunjukkan tidak ada yang salah secara fisik. Tapi dokter yang memahami hal ini akan merekomendasikan pemberian ADH buatan yang membantu tubuh anak memproduksi lebih sedikit urin di malam hari.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

View Comments

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago