Categories: Health

Aturan Porsi Gula Tambahan Untuk Anak-Anak

Dilansir dari everydayhealth.com, American Heart Association menyatakan bahwa anak-anak dan remaja (usia 2-18 tahun) harus mengonsumsi kurang dari enam sendok teh gula tambahan setiap hari. Adapun gula tambahan yang dimaksud adalah gula meja, fruktosa dan madu, gula yang digunakan dalam mengolah dan menyiapkan makanan atau minuman, gula ditambahkan saat makanan yang sudah tersaji, atau dimakan secara terpisah.

Dr. Miriam Vos, perwakilan dari American Heart Association, juga mengatakan bahwa anak-anak berusia kurang dari 2 tahun tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula sama sekali. Selain itu, anak-anak dan remaja berusia 2 hingga 18 tahun harus mengonsumsi tidak lebih dari 8 ons minuman manis setiap minggunya.

Pernyataan yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, didasarkan pada penelaahan terhadap penelitian ilmiah yang telah dilakukan tentang bagaimana gula memengaruhi kesehatan anak-anak.

Konsumsi makanan dan minuman secara teratur yang mengandung banyak gula dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Anak-anak yang makan makanan yang penuh dengan gula tambahan cenderung akan memakan lebih sedikit makanan sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan produk susu rendah lemak yang baik untuk kesehatan jantung mereka.

Kurangnya kejelasan mengenai berapa banyak tambahan gula dianggap aman untuk anak-anak mengakibatkan gula tetap menjadi bahan yang biasa ditambahkan dalam makanan dan minuman. Konsumsi secara keseluruhan oleh anak-anak pun tetap tinggi.

Dr. Vos pun menyarankan bahwa cara terbaik untuk menghindari gula tambahan dalam menu makanan anak adalah menyiapkan makanan bernutrisi tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, daging unggas dan ikan, serta membatasi makanan dengan kadar nutrisi yang sedikit.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago