Categories: Play

Cara Menjaga Anak Tetap Aktif di Dalam Ruangan

Berkat cuaca yang lebih dingin, meringkuk di sofa untuk menonton TV terasa lebih menggoda daripada biasanya. Akan tetapi, tidak peduli cuaca seperti apapun, penting untuk dicatat bahwa si kecil harus terus bergerak.
Perlu kita ketahui, tidur siang bukanlah satu-satunya cara untuk membakar energi anak-anak. Bahkan, menurut Heart and Store Foundation, ketika si kecil cukup aktif bermain, ada peningkatan yang nyata dalam kemampuan kognitif, perilaku akademis dan sikap keseluruhannya. Penting untuk mendorong anak-anak kita untuk memasukkan aktivitas fisik ke dalam aktivitas sehari-hari mereka. Anak-anak prasekolah membutuhkan setidaknya 180 menit aktivitas fisik setiap hari, sementara anak-anak berusia lima hingga 17 tahun membutuhkan 60 menit olahraga ringan hingga sedang dalam sehari.

Selanjutnya, berikut 5 kegiatan indoor yang bisa dilakukan dengan buah hati kita sehingga anak-anak dapat bermain untuk tetap aktif.

Freeze Dance

Untuk memoles keterampilan mendengar, cobalah freeze dance. Aturannya sederhana yaitu menari ketika musik diputar dan ketika DJ yang ditunjuk menghentikan musik, semua orang membeku (diam).

Pelajari Beberapa Gerakan

Berkat petunjuk yang bermanfaat di YouTube, sekarang lebih mudah untuk mempelajari cara (dengan benar) melakukan suatu gerakan. Kita bisa belajar “hammer dance” misalnya atau bahkan mencoba untuk mengajari anak bagaimana melakukan moonwalking.

Voli Balon

Buat jaring dengan mengikat seutas benang dari satu kursi ke kursi lainnya. Kemudian tiup balon dan mulailah berlatih keterampilan memainkan balon. Ubah sedikit permainan dengan ketentuan dapat menendang atau menyundul balon.

Book-Worm Workout

Waktu bercerita tidak harus sesaat sebelum tidur. Pilih buku yang memiliki kata yang sering diulang. Misalnya, pilih kata “topi”. Setiap kali kata itu muncul dalam cerita, mintalah si kecil untuk melompat atau pergerakan lainnya.

Hallway Soccer

Kita tidak perlu halaman belakang untuk bermain sepak bola. Mulailah dengan memasang jaring di ujung-ujung lorong dengan menaruh selotip di lantai. Setelah membagi tim, ambil bola plastik kecil dan mulailah bersenang-senang.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago