Categories: Health

Jenis Makanan Bergizi yang Baik untuk Bayi dan Balita

Meskipun keseluruhan perkembangan bayi sangat penting, saat bayi berusia antara 6 dan 12 bulan, maka itu adalah waktu yang tepat untuk memberikan mereka berbagai macam selera dan tekstur makanan yang baru. Pada saat bayi mencapai usia 6 bulan, pengenalan makanan padat sangatlah ideal, tidak hanya untuk kesehatannya tetapi juga karena bayi paling mudah menerima makanan baru selama usia 6 bulan ini.

Dilihat dari sisi perkembangannya, hal ini masuk akal. Saat ini, anak sedang bersemangat untuk mengeksplorasi dan mempelajari apa yang ada di sekelilingnya. Jadi, mengapa tidak mengambil keuntungan dari kesempatan ini untuk memperkenalkan bayi berbagai rasa, tekstur, dan warna baru saat ia sedang berada di masa yang memang senang mencoba?

Memperkenalkan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan padat bernutrisi lainnya sejak dini bisa berdampak pada konsumsi makanan sehat yang lebih besar dan penurunan risiko obesitas di kemudian hari. Setelah 12 bulan, memperkenalkan makanan baru tampaknya memiliki lebih sedikit pengaruh dan bisa menjadi masalah, terutama jika sudah berusia antara 2 hingga 5 tahun. Pada usia itu, anak-anak sangat ragu untuk mencoba hal-hal baru.

Berapa Banyak Makanan yang Dibutuhkan Bayi?

Sebenarnya hal ini tidak begitu penting untuk bayi karena makan berbagai makanan sehat lebih penting daripada harus menyesuaikan berapa jumlah kalori yang seharusnya dikonsumsi. Jika kita memberi bayi banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan protein secara rutin pada waktu makan, tidak perlu khawatir seberapa banyak buah hati kita makan.

Meskipun demikian, akan sangat membantu jika kita tahu kira-kira berapa banyak makanan yang dibutuhkan untuk sang buah hati. Selain itu, juga sangat membantu jika kita paham dari mana kalori berasal.

Ketika bayi berusia 6 – 12 bulan, total asupan energi harian mereka harus sekitar 35 – 50 kalori per setengah kilogram berat badan per hari. Jadi, jika bayi perempuan yang berusia 9 bulan beratnya 8 kilogram, ia membutuhkan 630 hingga 900 kalori per hari dari ASI atau susu formula dan makanan. Jumlah kalori itu mungkin tampak besar untuk ukuran bayi. Terutama ketika kebanyakan orang dewasa, yang jauh lebih besar daripada bayi, hanya membutuhkan 2.000 hingga 2.500 kalori per hari. Kebutuhan bayi sangat tinggi dibandingkan dengan berat badan mereka karena mereka tumbuh sangat cepat, sedangkan orang dewasa membutuhkan energi hanya untuk kegiatan sehari-hari, kecuali para orang dewasa ini adalah atlet atau menghabiskan banyak energi setiap hari, katakanlah, pekerja kasar.

Kapan Bayi Mulai Bisa Diberikan Makanan Padat?

Sebelum bayi mencapai usia 6 bulan, semua kalori, vitamin, dan mineral yang mereka butuhkan berasal dari ASI. Ini berarti bahwa tidak perlu memberi nasi, sereal, jus, dan makanan lain sebelum 6 bulan. Bahkan, jika dilakukan, kita sebenarnya bisa menyebabkan masalah bagi bayi.

Sayuran: Kapan Diberikan dan Berapa Banyak?

Berikut adalah timeline untuk berapa banyak sayuran yang mungkin bisa dimakan bayi, dan kapan waktu yang tepat. Perhatikan bahwa ini hanyalah panduan, dan kebutuhan setiap bayi mungkin akan berbeda. Kita tidak perlu khawatir jika bayi tidak tertarik untuk mengikuti panduan ini, tetapi ini adalah referensi yang baik untuk orang tua.

  • 6 – 8 bulan      : 2 – 3 sdm, 1 sampai 3 kali/hari
  • 9 – 12 bulan   : 2 – 4 sdm, 2 sampai 3 kali/hari
  • 1 – 2 tahun     : ¼ gelas, 2 sampai 3 penyajian

Apa Yang Terjadi Jika Bayi Kekurangan Nutrisi?

Mengingat gaya hidup kita yang relatif lebih mudah dibanding dulu dan gerak aktif yang juga berkurang, kebutuhan kalori pun terlalu sering dipenuhi dengan makanan yang tinggi lemak dan kaya gula. Kita kurang mengonsumsi makanan yang berserat, buah-buahan, dan sayuran. Terlalu sering memenuhi makanan yang berlemak dan mengandung gula yang tinggi, bisa menyebabkan sejumlah dampak merugikan pada kesehatan bayi dan balita, termasuk gigi berlubang, susah BAB, dan obesitas.

Nutrisi Apa yang Dibutuhkan Bayi Kita?

Berikut adalah daftar yang disertai dengan beberapa ide tentang sumber sayuran dan buah yang tinggi akan nutrisi ditulis oleh Nicole Avena, seorang ahli nutrisi. Dari 22 list ini, kita bisa menyadari makanan mana yang baik untuk dimasukkan ke dalam pola makan bayi.

Janis NutrisiSumber Nutrisi
KarbohidratSayuran yang mengandung pati seperti jagung dan kacang-kacangan.
LemakAlpukat
ProteinKacang kedelai, susu kedelai, buncis, polong-polongan
Vitamin AWortel (dimasak lunak), ubi jalar, bayam atau kubis (masak), paprika (dipotong kecil-kecil), brokoli (bubur atau dipotong kecil-kecil dan dimasak), polong-polongan.
Vitamin B1 (Tiamin)Alpukat, polong-polongan, semangka.
Vitamin B2 (Riboflavin)Bayam dan brokoli.
Vitamin B3 (Niasin)Ubi jalar, labu, polong-polongan, jamur, paprika
Vitamin B6 (Piridoksin)Kentang (dipanggang), bayam (matang), buah plum, buncis, pisang, dan alpukat.
Vitamin B9 (Folat)Alpukat dan Pepaya
Vitamin B12 (Cobalamin)Buah dan sayuran mentah yang lembut dan segar seperti kiwi, jeruk, paprika merah dan sayuran hijau.
Vitamin C (Asam Askorbat)Buah dan sayuran mentah yang lembut dan segar seperti kiwi, jeruk, paprika merah dan sayuran hijau.
Vitamin DMakanan yang mengandung susu
Vitamin KSayuran hijau, kubis (dimasak dan dibubur), brokoli (bubur), mentimun (bubur atau dalam potongan yang sangat kecil), dan buah plum (dikeringkan).
KalsiumSayuran (kecuali bayam), polong-polongan dan kacang-kacangan.
SeratSebagian besar sayuran terutama brokoli dan wortel
Zat BesiKacang-kacangan dengan paprika merah, buah-buahan segar setelah makan kacang-kacangan.
MagnesiumBrokoli dan bayam
ManganBayam (matang) dan ubi jalar
KaliumSayuran segar, ubi jalar, pisang (bubur atau dipotong dengan ukuran sesuai)
SeleniumMakanan nabati
ZincBuncis & kacang merah
Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

View Comments

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago