Categories: Health

Manfaat Sup Untuk Kesehatan Balita

Sup mudah untuk meningkatkan asupan sayuran bahkan untuk balita yang suka memilih-milih makanan. Sayur atau makanan lain yang tidak disukai bayi bisa dipotong keci-kecil atau dicampurkan ke dalam sup. Memberikan sup juga bisa meningkatkan penerimaan balita terhadap sayuran dan makanan lainnya. Ditambah lagi, ini akan membuatnya lebih mungkin untuk memakan makanan sehat lain yang lebih bervariasi saat sudah lebih besar nantinya.

Tidak hanya lezat, sup juga dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan terutama untuk balita. Beberapa nutrisi yang terkandung di sup lebih mudah terserap saat makanan telah dipanaskan. Misalnya kita memasukkan wortel matang dalam sup, maka akan menghasilkan beta karoten yang lebih mudah diserap untuk anak, jika dibandingkan dengan memakan wortel langsung. Hal yang sama juga bisa terjadi untuk kandungan lycopene, pigmen merah yang memberikan warna pada tomat. Selain itu, sup bisa melarutkan vitamin dalam air. Jadi, memasak kol, bayam atau brokoli dalam sup akan meningkatkan jumlah folat vitamin B, daripada mengukusnya dalam air.

Penelitian Penn State yang melibatkan anak-anak menunjukkan bahwa porsi besar sup sayuran rendah kalori menyebabkan lebih sedikit kalori yang diserap saat makan. Manfaat ini sangat membantu bagi anak yang memiliki nafsu makan besar.

Makanan Bergizi Untuk Balita

Kalau menyiapkan sup biasanya harus direbus selama berjam-jam, hari ini ada banyak kaldu dan sup yang tersedia di supermarket yang bisa digunakan sebagai bahan dasar. Kita juga bisa menemukan banyak sup khusus bayi di swalayan. Tapi, perlu diingat bahwa sup ini bisa mengandung dosis sodium yang besar, jadi pastikan kita membaca label fakta nutrisinya dan membandingkan angka dan ukuran penyajian, karena bisa bervariasi.

Kaldu dari tulang juga memiliki manfaat kesehatan untuk balita. Mengkonsumsi kaldu tulang secara teratur bisa meningkatkan kesehatan pada usus dan sendi, dan juga memperkuat kekebalan tubuh. Manfaat ini berasal dari nutrisi dalam tulang yang mengandung protein seperti kolagen dan gelatin. Penelitian baru terus menunjukkan bahwa ada hubungan antara mikroba usus dengan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Kaldu tulang pun berguna dalam penyembuhan alami pada lapisan usus.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago