Categories: Health

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Menjelang akhir tahun identik dengan musim hujan. Derasnya hujan di berbagai daerah juga diikuti dengan angin dingin yang tidak baik bagi kesehatan. Flu pun merajalela dan membuat kita bertanya-tanya, kapan musim hujan ini akan berakhir. Kekhawatiran pun datang kepada kita. Ya, sebagai orang tua sudah sewajarnya jika kita mengkhawatirkan kesehatan anak-anak.

Sebuah studi 2017 yang diterbitkan di British Medical Journal mengatakan bahwa ada vitamin OTC yang bisa kita ambil untuk mencegah pilek dan infeksi pernafasan yang bisa menyerang diri kita selama musim dingin. Namun, vitamin yang dimaksud sungguh berbeda dengan apa yang biasa dipercaya kita saat ini. Ya, vitamin tersebut bukanlah vitamin C.

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek hingga 12 persen. Sebagai orang tua, terutama yang baru saja merasakan penyakit ini menyerang si kecil, tentu saja ini adalah informasi yang mencerahkan.

Jenis Makanan Bergizi yang Baik
untuk Bayi dan Balita

Peneliti juga menambahkan bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin D lebih mungkin untuk menderita berbagai masalah pernapasan, dari pilek, infeksi telinga, bronkitis, dan bahkan pneumonia.

Menurut American Academy of Pediatrics, sebagian besar anak-anak membutuhkan suplemen vitamin D karena mereka kemungkinan tidak mendapatkan cukup nutrisi penting ini dari makanan atau matahari. Ditambah lagi, mengingat kekhawatiran orang tua saat ini jika anak terlalu banyak paparan sinar matahari.

Bagi bayi yang masih disusui, dan anak yang diberi susu formula, dianjurkan untuk memenuhi 400 IU vitamin D per hari. Persyaratannya sama untuk anak-anak yang sudah lebih besar, kecuali mereka sudah minum 1 liter susu yang diperkaya vitamin D per hari. Remaja membutuhkan 600 IU vitamin per hari melalui makanan atau suplemen. Vitamin D larut dalam lemak, sehingga kemungkinan untuk overdosis pun kecil. Orang dewasa bisa mengalami overdosis jika ia mengonsumsi 40.000 IU per hari selama beberapa bulan.

Membuat Anak Tidak Merasakan
Sakit Saat Penyuntikan

Sementara itu, wanita hamil harus mempertimbangkan suplemen vitamin D, terutama karena sistem kekebalan tubuh mereka terganggu. Vitamin D juga menawarkan manfaat lain untuk bayi yang sedang bertumbuh.

Intinya, terlihat bahwa tidak ada sisi negatif untuk memberikan seluruh keluarga kita vitamin D. Jadi, bicarakanlah dengan dokter anak untuk memastikan anak-anak kita mendapatkan vitamin D yang cukup demi menjaga kesehatan mereka di musim hujan ini.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago

Manfaat Sup Untuk Kesehatan Balita

Sayur atau makanan lain yang tidak disukai bayi bisa dipotong keci-kecil atau dicampurkan ke dalam sup.

50 years ago