Categories: Parenting

Mengapa Berbohong Kepada Anak Adalah Hal Yang Buruk?

Sangat sulit untuk berada di rumah tangga yang penuh kebohongan. Ada suasana yang tak mengenakkan. Apalagi jika ini sampai memengaruhi sang buah hati. Kebenaran adalah hal yang lebih baik daripada rahasia. Rahasia menciptakan ketegangan dan kebingungan. Walaupun kebenaran mungkin cukup menyakitkan, tapi hampir selalu lebih mudah untuk ditangani daripada kebohongan dan rahasia. Kita ingin tahu apa yang terjadi di sekitar dan apa yang bisa dilakukan untuk membantu masalah yang sebenarnya terjadi.

Saya harap Kita dan saudara Kita bisa membangun kembali kepercayaan dengan orang tua Kita dan bahwa kemarahan Kita terhadap orang tua Kita hilang.

Anak-anak, berapapun usianya, biasanya merasakan ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik. Barbara Greenberg, seorang psikolog klinis, menjelaskan 10 alasan mengapa berbohong kepada anak-anak adalah ide yang buruk.

  1. Anak-anak hampir selalu merasakan kalau ada stressor yang sebenarnya sedang terjadi. Kurangnya pengetahuan tentang apa yang sedang berlangsung akan mengarah pada ketegangan yang tidak perlu dan spekulasi liar. Mereka mungkin menganggap bahwa masalahnya sebenarnya lebih buruk dari itu.
  2. Ketika orang tua tidak memberitahukan kebenaran dalam upaya melindungi anak-anak mereka, sebenarnya tingkat kepercayaan akan rumah malah menurun. Lagi pula, ketika kebenaran nantinya muncul, anak-anak akan merasa dibohongi dan kepercayaannya akan hancur.
  3. Ketika orang tua berbohong kepada anak-anak mereka, mereka akan mengikuti perilaku itu dan menganggap bahwa itu adalah hal yang bisa diterima. Ini bukan contoh modelling yang bagus untuk anak-anak.
  4. Ketika anak-anak atau orang lain dibohongi, mereka akan merasa bahwa dirinya tidak penting. Dan, tidak ada yang ingin merasakan seperti ini, bukan?
  5. Ketika orang tua jujur dengan anak-anak mereka, ini memupuk komunikasi yang lebih baik. Dan, kita tahu bahwa komunikasi yang baik mengarah pada hubungan yang lebih baik, kesehatan emosional dan fisik yang lebih baik, dan kerentanan yang lebih rendah terhadap tekanan teman sebaya.
  6. Pikirkan tentang apa yang paling bermanfaat bagi keluarga kita sebagai sebuah sistem daripada hanya untuk memudahkan kita sebagai orang tua. Terkadang, hal yang lebih sulit dilakukan adalah hal yang benar.
  7. Jika masalah keluarga tidak dibagi, maka ketika mereka mengetahui itu langsung dengan sendirinya, mereka akan sangat terkejut, masalah pun seakan menjadi lebih besar. Inilah mengapa berbagi masalah dengan anak-anak adalah hal yang disarankan sehingga tidak akan memperbesar masalah.
  8. Anak-anak dalam keluarga ingin memiliki peran dan membantu. Sebagai contoh, jika seorang anggota keluarga sakit maka anak-anak bisa membantu dengan cara yang sesuai dengan perkembangan. Jika hal seperti ini dirahasiakan, maka anak-anak tidak bisa diberi peran yang bermanfaat. Semua orang merasa lebih baik dan lebih penting jika mereka dibutuhkan.
  9. Dengan menyimpan rahasia, orang tua secara tidak sadar membuat anak-anak mereka merasa terputus hubungannya. Sangat penting bagi keluarga untuk berfungsi sebagai sebuah tim.
  10. Berurusan dengan stressor sebenarnya bisa memfasilitasi pengembangan resiliensi anak. Jadi, dalam upaya untuk membesarkan anak-anak agar menjadi gigih nantinya, orang tua bisa menjadi model yang baik untuk menghadapai stressor yang sebenarnya terjadi.

Jadi, marilah kita lebih jujur kepada anak-anak kita. Walaupun maksudnya untuk melindungi mereka sekalipun, tapi kejujuran lebih penting dari segala-galanya.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago