Categories: Play

Tingkatkan Kemampuan Menggambar Anak Dengan Membacakan Buku Cerita

Anak-anak suka menggambar. Bahkan jika satu-satunya bahan yang tersedia adalah tongkat dan tanah, anak-anak akan membuat gambar, dilengkapi dengan sebuah adegan dan cerita yang mereka karang sendiri. Ada 5 fakta kegunaan menggambar bagi anak-anak.

  • Anak-anak mulai dari usia 1 tahun, dan sepanjang masa kanak-kanak, menghabiskan waktu berjam-jam untuk mewarnai, mencoret-coret, dan menggambar semua variasi baik yang realistis maupun fantastis.
  • Gambar adalah jendela menuju kreativitas anak-anak yang luar biasa dan berkembangnya kemampuan seni anak. Penalaran logis mereka juga tumbuh ketika anak-anak bergulat dengan bagaimana membuat dunia dan orang-orang di sekitar mereka dalam dua dimensi. Menggambar bisa meningkatkan kesadaran spasial anak-anak, dan mempromosikan pembelajaran STEM mereka
  • Menggambar juga membantu anak-anak mengatur emosi.
  • Psikolog Lev Vygotsky menuliskan bahwa menggambar adalah bagian dari sistem komunikasi simbolik yang meliputi berbicara, membaca, dan menulis yang mulai berkembang seiring pertumbuhan anak.
  • Dalam arti yang sangat nyata, coretan, doodles, dan sketsa anak-anak berfungsi sebagai jembatan perkembangan antara bahasa lisan dan tulisan.

Seorang peneliti bernama Thalia R. Goldstein mencoba untuk melakukan penelitian tentang ini. Intervensi dilakukan selama 8 minggu. Anak-anak memilih salah satu kegiatan antara membaca buku cerita, memainkan blok bangunan. Selama program penelitian berlangsung, mereka juga diminta menggambar di tiap sesinya. Selanjutnya diukur efek dari kegiatan ini pada aspek penting yaitu keterampilan artistik atau kapasitas kognitif. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja menggambar keseluruhan anak-anak meningkat selama 8 minggu intervensi.

Meskipun awalnya anak yang memang berbakat menggambar lebih banyak menunjukkan peningkatan anak-anak yang kurang terampil, tetapi semua anak mendapat keuntungan. Dari ketiga kegiatan tersebut, pembacaan buku cerita adalah yang paling bermanfaat bagi perkembangan menggambar anak-anak secara keseluruhan. Pekerjaan anak-anak dalam kelompok membaca buku cerita dinilai paling tinggi dalam kreativitas, bakat, dan kompleksitas spasial, sementara gambar anak-anak dari kelompok pembangun blok, dinilai paling baik dalam penggunaan warna.

Apa yang membuat buku cerita membaca kegiatan yang paling bermanfaat untuk gambar anak-anak? Peneliti menemukan bahwa instruktur yang menjalankan grup ‘membaca buku cerita’ menanyakan kepada anak-anak banyak pertanyaan tentang ilustrasi buku. Saat membaca cerita, mereka berhenti sebentar untuk mengajukan pertanyaan tentang warna, tata ruang, dan elemen plot yang digambarkan dalam setiap gambar. Anak-anak kemudian diberi kesempatan untuk terlibat dalam diskusi tentang elemen-elemen ini. Goldstein berpikir bahwa karena ilustrasi sangat penting dalam literatur anak-anak, dan adanya kehadiran orang dewasa untuk memandu perhatian anak-anak pada detil-detil yg ada di ilustrasi tersebut, anak-anak bisa lebih mengembangkan pemahaman mereka tentang gambar yang baik. Kemudian, setelah mereka mempertimbangkan dengan seksama gaya dan makna dari ilustrasi dari buku cerita tersebut, anak-anak bisa meningkatkan kreativitas, kompleksitas, dan realisme dari gambar mereka sendiri. Dengan kata lain, mereka bergeser dari mengamati hingga menciptakan!

Karena menggambar terhubung dengan perkembangan kognitif, emosional, dan simbolis, serta spasial dan STEM, penting untuk mengetahui kegiatan seperti apa yang bisa mendorong perkembangan anak. Studi tersebut menunjukkan bahwa orang tua dan guru mungkin bisa mempertimbangkan membaca buku cerita dengan kegiatan menggambar. Menekankan warna, bentuk, elemen cerita, dan keseluruhan seni ilustrasi dalam buku anak-anak bisa memberi inspirasi dan ide untuk memperkaya gambar mereka.

Parently @http://twitter.com/parentlyid

Empowering moms & dads to raise great, happy and healthy kids.

Comments are closed.

Recent Posts

Kehadiran Orang Tua, Hadiah Terbaik Musim Liburan

Salah satu manfaat musim liburan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga.

50 years ago

Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Flu

Para peneliti mengamati 11.000 orang di 14 negara berbeda, dan menemukan bahwa meningkatkan vitamin D bisa mengurangi risiko terkena pilek…

50 years ago

Seto Ery Pradhana: Pengalaman Nyata Menjadi The Real Father

Quality itu over quantity. Tapi dalam hal parenting, makin banyak kuantitasnya makin bagus kualitasnya.

50 years ago

Sindrom Angelman, Sindrom Genetik Langka Yang Membuat Anak Terlihat Bahagia

Sikap ini bisa sangat berbeda dengan banyak anak lain dengan NDD, yang mungkin tampak menarik diri atau menyendiri.

50 years ago

Anak Mendengkur, Indikasi Gangguan Tidur

Banyak orang tua tidak menyadari bagaimana dengkuran bisa dikaitkan dengan masalah neurokognitif, kardiovaskular, pertumbuhan, dan perilaku nantinya.

50 years ago

Tips Memilih Kelas Bela Diri Untuk Anak

Stacey McDowall, seorang ibu dari anak yang hiperaktif mengatakan bahwa setelah mendaftarkan anaknya (Weston) kursus bela diri, si kecil menjadi…

50 years ago